Wednesday, November 5, 2008

Hakim, atau Menghakimi ... ???

Seringkli kta bgitu takut akan pendapat orang lain, pdhal pedoman dan pegangan idup tuh jelas2 bukan berupa pendapat orang lain. Udah ada aturan yg d buat oleh Yang Kuasa, oleh manusia, oleh masyarakat untuk ngjaga dan ngbatesin area kkuasaan plus garis2 yg bole dan ga bole d lewatin. Ini yg harusnya jd patokan stiap langkah, bukan hal lain.

Stiap kjadian akan slalu ngasih plajaran, baik kjadian ama idup kta maupun idup orang lain. Dari smua pengalaman yg ada, kta juga belajar bahwa selalu ada alesan d stiap tindakan dan kputusan yg d pilih. Mungkin kputusan yg d ambil bukan ssuatu yg terbaik, yg ga bikin smua orang seneng, tp pasti kputusan itu udah d pikirin susah payah dan merupakan keputusan yg punya sisi negatif paling dikit.

Jadi...
Brusahalah untuk slalu bisa ngerti alesan yg ada d stiap kputusan dan tindakan, brusaha untuk bisa menghargai jungkir baliknya sseorang untuk mikirin jln terbaik untuk idupnya dan idup orang2 terkasih. Inget2 bahwa suatu hri nanti mungkin elo yg harus ada d posisi itu dan gada jaminan elo akan bisa milih ssuatu yg lbh baik karena kondisi dan latar blakang stiap orang nyaris ga pernah sama.

Memutuskan ssuatu aja udah bukan suatu hal gampang, apalg klo pake pertentangan antara logika dan rasa, antara benar dan salah.

Dan menilai, menghakimi... selalu jadi hal yg paling gampang.
Jadi penonton akan slalu bikin idup kta lebih nyaman. Karena bukan idup kta yg jd fokus smua orang dan bukan idup kta yg jd bahan obrolan d stiap sudut ruang.
Smoga idup kta gakan jd tontonan dan seandainya kta jd penonton, jadilah penonton yg baik dan tidak menghakimi.

No comments: