Thursday, July 16, 2009

Rumpian Kantor

Mengingat masa kerja gw di perusahaan sekarang ga lama lg, tiba2 gw pengen looking back to those places where I've been working. So, here we go...
Gw mulai kerja taun 2000 di sebuah perusahaan multi level marketing. Bukan sebagai distributor, tp sebagai karyawan. Bos gw adalah seorang manager yg mengawali karir sebagai seorang sekretaris. Jd beliau inilah yg bener2 ngajarin gw sgala hal tentang dunia kerjaan sekretaris sampe ke detail2nya. Gmanapun, gw ttp hormat ama Ibu ini... Temen2 ktr menyenangkan, suasana kerja jg enak. Tp akhirnya gw memutuskan untuk pergi, mungkin saat itu emosi jiwa muda msh meletup2 ya, jd ga pikir panjang untuk brenti dr situ.
Tpt kedua, sebuah perusahaan manufaktur di bilangan Mega Kuningan. Wihhh senengnya bisa ngerasain kerja di daerah segitiga emas ibukota. Brasa cita2 gw terwujud bgt. Selama gw kerja, tpt inilah yg paling keren. Ada break out area yg isinya canggih bgt; meja bilyard kecil, kursi pijet n sofa, home theater, ps, coffee machine, microwave, kulkas, pokonya lengkap deh! Klo jumat sore, lampu di area ini udah sdikit redup lengkap dengan hingar bingar musik. Masing2 karyawan pun punya tlp meja yg bisa mobile, persis kya handphone. Biarpun cuma karyawan outsource, tp gw mnikmati bgt punya kantor keren bgini *_*
Dari situ gw kerja di perusahaan penjual alat keamanan (cctv, alarm sistem dll). Kantornya di sebuah ruko, dan ruangan gw di lantai 3 bersama para marketing. Ada cctv dan tlpnya paralel, tp gada internet. Klo gw ninggalin meja agak lama, Bapak bos suka naek dan ngecek. Dan pernah skali waktu, gw terima tlp dan Ibu bos ngdengerin dr line sbelah. Kemudian stelah tlp d tutup, Ibu bos meng-counter stiap jwban dan respon yg kluar dr mulut gw. Ibu bos jg slalu inspeksi stelan ktr gw, apakah sepatu baju tas dll matching ato ga dan kmudian komentar ini itu. Akhirnya suatu hari Ibu dan Bapak bos memutuskan untuk menutup divisi gw karna dianggap ga menguntungkan. I thought it was a blessing in disguise. Tp kalimat dia yg sampe skarang ga bisa gw terima adalah; "kmu tau, anak2 saya skolah d luar negri semua. saya bisa aja duduk ongkang2 kaki d rmh dan ga perlu kerja. tp saya kasian sama orang2 kya kamu, makanya saya ngbangun perusahaan ini". May God forgive them, and myself...
Terus gw k sebuah LSM luar negri yg nanganin penyediaan susu untuk anak sd. Smua2nya serba menyenangkan dan kekeluargaan bgt, tp sayangnya gw msk menjelang proyeknya di Indonesia selesai. Jadi yaa ga bisa lama deh jd karyawan disitu...
Pindahlah gw ke sebuah pre-school. Bukan sebagai guru tp sebagai tenaga admin. Seru loh sbenernya ngliatin anak2 kecil itu tiap hri, bikin idup brasa ceria karna mreka lucu2. Tp gw ga betah, karna ga dpt kompi sendiri yg kemudian menjalar k hal2 lainnya (ga usah ngomongin soal internet dan lain2 deh ya...). Jd seringnya kerjaan gw ya manual deh hikss...
Nyangkut lagi di perusahaan konstruksi, Bapak bos gw kebangsaan Singapura dan baik hati. Sedikit ganjen tp untungnya ga ganjen sama gw. Rajin bgt belajar bhs Indonesia ama gw, untuk kmudian nyari pacar orang Indonesia *_* Kerjaannya ga banyak, karna proyeknya pun msh terhambat urusan pembebasan tanah (sampe akhirnya perusahaan tutup, pembebasan tanah itu ga pernah berhasil sampe saat ini). Tp yg ga nahan dr tpt ini adalah owner-nya yg ampyunnn ganjen bgt! Udah taun 2000an bgini, msh ada sekretaris yg kerjaannya motongin kuku dan mijetin! Nyaris setiap hari gw naek darah ngliatin klakuan dia ke tmn2 prempuan d ktr. Alhamdulillah akhirnya ada tmn yg berhasil ngangkut gw kluar dr situ...
Lanjut ke perusahaan IT punya orang korea. Again, tmn2nya menyenangkan walopun kerjaan serabutan. Temperamen Bapak bos gw ini pun juara bgt. Beliau pernah minta gw tlp dia dr meja resepsionis (which was my subordinate) dan di speaker-phone, untuk kemudian maki2 gw panjang lebar. Not only the whole office could hear that, but also every-offices on the floor!! Akhirnya gw pun nyerah...
Pindah ke sebuah perusahaan jasa medis. Saat ini gw bisa bilang bahwa gw menikmati setiap detik pekerjaan gw, tp pd waktu ngjalanin smua rasanya nyaris putus napas gw. Tpt ini bner2 sukses nghajar gw lahir batin, ngdidik gw dlm banyak hal. Ibu2 bos yg slalu support gw, tmn2 yg baik dan bisa di andalkan, kerjaan yg gada matiknya *_* Pd akhirnya gw nyampe di titik balik, dimana segala tujuan dan prioritas idup gw harus di tinjau ulang. Hasilnya? Keputusan untuk kembali ke ibukota dan menjalani smua yg kmaren gw tinggalin... U know, I finally come to an understanding that money isnt really everything, though its undeniably important.
Dan saat ini gw kerja di sbuah perusahaan pertambangan yg cemilannya banyak bgt hahaha... Stelah hri2 super sibuk di prusahaan sblmnya, terasa bgt klo kerjaan gw dsini sooo slow and sooo little. Most of time ya ini... ngisi blog, maen fesbuk dan ceting. Sampe waktunya nanti, mari kta manfaatkan internet gratis hahaha...
Intinya, sgala ssuatu itu mesti bisa dinikmati dan diambil pelajaran dr stiap yg terjadi. Ga pernah lah kta itu 100% benar ato 100% salah. Belajar untuk menerima segalanya dgn besar hati...
Pengalaman akan bikin hidup kta kaya, klo kta bisa belajar dr segalanya.
...dedicated to all my co-workers and employers, big thanks to u all...

No comments: