Saturday, October 11, 2008

Seandainya...

Seandainya gw punya kkuatan buat bikin Jakarta lbh baik,

- gw akan nyuru instansi tkait untuk ngeruk smua sungai yg nglewatin ibukota supaya ga lg dangkal dan bisa nampung aer ujan biar Jakarta ga banjir lg.

- gw akan bikin lembaga independen buat ngawasin n mastiin klo alam kta ga d rusak. sakit hati ga sih klo lewat jln tol cipularang dan ngliat gunung kapur itu abis d kikis dengan sgala alat berat? ato lewat jln lintas sumatera d skitar lampung yg kya udah gada harapan karna gunungnya tinggal separo? ato liat hutan kalimantan yg ga lg mampu nampung smua habitat langka yg tinggal brapa glintir?

- gw akan merhatiin pendidikan, supaya smua bisa ngliat skolah sbagai lembaga yg ngasi ksempatan buat mperbaiki hidup. biar anak2 kcil d jln punya smangat untuk bisa skolah dan ga perlu kecil hati karna skolah2 itu smua gratis. ga perlu muluk dgn sgala kurikulum maha hebat, cukup punya standar yg bagus dan merata d smua tempat.

- gw akan bikin "satpam" buat ngawasin supaya smua guru dan dokter yg ada d daerah tpencil dan pdalaman mdptkan haknya. karna pengabdian itu gakan bisa d taksir harganya, tp pastiin aja mreka ngdptin apa yg udah jd hak.

- gw akan ngawasin munculnya warung2, gubuk2 ato prumahan yg muncul d tpt yg ga smestinya, supaya gada lg penggusuran lahan buat mreka yg udah ngdiriin atap, bayar iuran listrik, bayar pbb dan menamakannya rumah.

Seandainya dan seandainya...
Berita yg kta liat tiap hri cenderung bikin kta tutup mata, apatis dan ga lg peduli. Akhirnya smua orang sibuk ngurusin idupnya, tanpa peduli khidupan orang lain, tanpa peduli pemanasan global yg makin hebat. Gw ga mampu buat jerit2 ato demo d manapun buat ngubah smua yg ada skarang, tp gw mampu untuk ngikutin hati nurani dan nglakuin smua yg gw percaya adalah kbenaran.

Rasanya negara ini msh akan bgini sampe smua orang -yg bkuasa maupun orang awam- bisa ngbedain mana yg benar dan mana yg salah, mana yg hak dan mana yg bukan, dan mampu bbesar hati untuk ngdengerin hati nurani.

Semoga, suatu hri ini...

No comments: