Sunday, November 14, 2010

klenik

Belakangan ini berita di tv semakin aneh dan (seringnya) penuh klenik. Pagi ini ada rusa jantan ditemukan masuk ke dapur rumah penduduk di sebuah kampung, tetapi kemudian dipercayai sebagai rusa 'jadi-jadian' karena tidak mempan dipotong dengan benda tajam apapun. Kemudian seekor ikan paus yang terdampar di sebuah pantai di daerah Probolinggo mati setelah gagal dikembalikan ke laut lepas oleh penduduk setempat.

Berita kematian paus ini tidak seberapa dibanding peristiwa yang terjadi setelahnya. Dalam tayangan tv tersebut, terdapat adegan seorang laki-laki berpeci sedang membacakan ayat Al Quran, ada beberapa sesajen diletakkan di atas tubuh hewan tak bernyawa tersebut dan bahkan diberitakan bahwa penduduk akan menguburkan ikan paus tersebut dalam keadaan terbungkus kain kafan.

Saya teringat sebuah artikel di majalah National Geographic edisi bulan Mei 2010 tentang Santo Meksiko. Dijelaskan bahwa peperangan antar kartel memperebutkan narkoba beserta rute penyelundupannya telah menimbulkan ketakutan besar bagi warga akibat perang senjata yang terjadi setiap hari, pembunuhan dan kekerasan di banyak wilayah Meksiko, sehingga seolah masuk akal apabila mereka berlindung pada Dewa Bandit Narkoba; Jesus Malverde yang dipuja pengedar narkoba. Ketakutan masyarakat Meksiko tersebut bahkan pernah menjadi berita dalam The Wall Street Journal (saya lupa terbitan kapan), disebutkan bahwa surat kabar terakhir yang menentang kartel narkoba pun akhirnya menyerah setelah 2orang jurnalis mereka di bunuh dalam waktu kurang dari 1minggu. Surat kabar tersebut menyebutkan bahwa mereka akan memberitakan apapun yang diinginkan oleh para kartel narkoba, untuk mencegah lebih banyak lagi korban.

Kemudian saya melihat berita di tv lokal...

Apakah kemudian suatu hari nanti negara kita ini akan juga beralih menyembah apapun atas nama kesulitan hidup, ketidakadilan dan segala hal yang tidak diinginkan?

Seekor kambing berkaki lima pun dijadikan mata pencaharian dengan memberi tarif kunjungan plus-plus kepada mereka yang ingin melihat ataupun meminta sessuatu karena hewan tersebut di anggap sakti. Ada lagi cerita tentang pohon, batu, manusia yang dianggap memiliki kesaktian, mewujudkan keinginan manusia...

Banyak pendapat akan keberadaan hal gaib, percaya tidak percaya. Merupakan warisan kepercayaan leluhur, mitos ataupun hanya sekedar dongeng pengantar tidur.

Dan ya, tentu saja lebih menyenangkan apabila mereka tetap hadir hanya dalam mitos dan dongeng, seperti cerita tentang pundi emas di ujung pelangi... Cukup untuk menghadirkan sebentuk khayal penghadir senyum di ujung cerita.

2 comments:

rid said...

hahaha...sering heran juga dengan keklenikan orang indonesia. tapi ini ada andil media juga yg sering banget memberitakan hal2 aneh itu. cckckck..

Dee said...

smoga aja media smakin berfungsi untuk mencerdaskan kita dlm artian sbenar2nya ya *_*