Wednesday, May 27, 2009

p e r n i k a h a n

Dr yg bisa gw inget, khayalan gw akan sbuah khidupan stelah lulus kuliah adalah jd wanita karir yg sukses. Cewe2 pake 3pieces suit, high-heels, make-up n bawa tas kerja yg keren, itu gambaran cita2 gw banget. Trus kmudian punya rumah yg isinya gw beli dan kumpulin dgn senang hati ssuai selera. Ada lemari isi buku2 yg gw suka, ada toples2 d meja yg isinya permen dan kue2 cemilan. Ada ayunan rotan yg sangat gw idam2kan, sofa yg besar n nyaman lengkap ama bantal2nya plus jendela gede dan taman blakang yg mungil.

Kmudian pemikiran bergeser seiring dgn teman2 gw mulai nyebar2 undangan. Rumah itu akan kliatan lbh rame klo penghuninya ga cuman gw sendirian, mestinya ada suami dan anak2. Ditambah dgn kmar anak2 yg lucu, lemari buku yg koleksinya makin beragam, mungkin toples permennya mesti dikurangin ato disimpen ditempat yg agak tinggi.

Trus skarang ini brubah lg deh..
Kyanya enak jg klo gw ga perlu kerja yg mesti kluar rmh lg stelah nglahirin. Jam biologis gw kyanya emang lg kenceng bgt. Ga kbayang gw mesti keilangan momen pas dia bangun, ngoceh2 bahasa bayi yg cuma kdengeran tata tata.. Ngliat anak bayi nguap aja udah gemes stengah mati, apalg nanti ngliat hal2 baru yg dia kerjain.

Mungkin gila ya klo gw bilang, pernikahan dan laki2 tidak sdemikian pentingnya buat idup gw saat ini untuk membolehkan sebuah alasan ga terlalu penting (baca: konyol) mendasari sbuah kputusan mengakhiri khidupan melajang. Alhamdulillah saat ini gw msh doyan laki dan msh berharap akhirnya nanti ktemu orang yg tepat untuk ngabisin idup kta sama2. Tp bukan jg brarti gw mempersempit pilihan dengan menghapus kriteria2 dasar yg 'mnurut gw' penting.

Ibu bos gw d papua dulu pernah bilang, jgn nurunin kualitas diri sendiri untuk bisa bersama laki2 dan menikah. Awalnya gw ga ngerti makna implisit dr kta2 beliau. Sampe akhirnya gw nemu istilah umum untuk padanan pesan beliau; the right person will bring out the best in you.

Banyak orang menganggap pernikahan adalah jln termudah untuk mengakhiri persoalan yg membelit hidupnya. Ada yg alesannya cuma pengen kluar dr rumah, ada yg capek ngdengerin pertanyaan soal kapan dan kapan, ada yg kuatir jd perawan tua... Kebayang ga sih ngabisin idup kta sama orang yg ga bner2 kta pilih atas sbuah proses kejujuran hati, ngabisin tiap detik idup kta sama orang yg mukanya kta liat pertama kli bangun tidur dan trakhir kli kta liat sblm tidur..?

Pernikahan buat gw adalah sbuah hal yg sangat besar.
Sbuah hal besar yg butuh cinta/kasih sayang, kbesaran hati, kompromi dan keikhlasan.
Klo pernikahan udah didasari suatu ke tdk relaan, mo gmana coba lanjutannya...?

Gw berharap dengan menikah, kehidupan gw akan lebih baik, lahir dan batin. Masalah yg sblmnya berat buat mreka yg single mungkin bisa selesai dengan pernikahan, tp tentusaja masalah baru akan muncul. Hal yg paling sederhana misalnya, mesti share tpt tidur dan kamar. Biasanya klo bt, kta bisa punya kamar kta sendiri untuk ngekspresiin diri sbebas merdekanya. Tp bgitu sharing sama pasangan, mau bt kya apapun, kmar itu udah jd kamar sama2, no more privacy. Kmampuan untuk bisa berkompromi, menahan diri dan memaafkan pasti jauh lbh diperlukan.

Gw gakan buat pembenaran atas khidupan gw skarang ini. Gw berusaha manfaatin idup gw semaksimal mungkin, kebahagiaan gw ada di tangan gw, dan gw bertanggung jawab spenuhnya sama smua kputusan yg gw bikin. Gw membuka hati untuk peluang2 yg ada, ga mnutup diri. Dan yg penting gw berusaha dan berdoa untuk tidak mengambil keputusan atas alasan/pembenaran yg tdk sesuai sama proses logika dan nurani.

No comments: